Social Icons

Pages

Pendapatan Masyarakat

Pendapatan masyarakat Desa Culik tidak terfokus pada satu sektor saja untuk setiap orang, namun secara garis besar dapat dilaporkan Sumber Pendapatan Masyarakat Desa Culik adalah sebagai berikut:
a)      Sektor Pertanian                                  : Rp. 1.448.720.000,-/tahun
b)      Sektor Perkebunan                              : Rp. 6.400.000,-/tahun
c)      Sektor Peternakan                               : Rp. 2.930.000.000,-/tahun
d)     Sektor Industri Rumah Tangga             : Rp. 338.400.000,-/tahun
e)      Sektor Jasa                                          : Rp. 237.400.000,-/tahun
f)       Sektor Perdagangan                            : Rp. 1.803.300.000,-/tahun

a.      Bidang Usaha Pembangunan dan Perkebunan
Adapun usaha Pembagunan Desa yang dilaksanakan oleh masyarakat disegala sector antara lain:
a)      Bidang Pertanian dan Perkebunan
Adapun usaha di bidang pertanian dan perkebunan antara lain:
1.      Dalam bidang pertanian seperti: melaksanakan penanaman jagung, ketela pohon, kacang tanah dengan sistem pertanian tradisional seperti membajak dengan tenaga hewan dan pemupukan secara alami dengan pupuk kandang.
2.      Dalam bidang perkebunan seperti: penanaman pohon kelapa, dimana dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan juga dalam upaya pemanfaatan daunnya untuk kegiatan upacara
b)      Bidang Peternakan
Masyarakat Desa Culik sebagian besar juga memelihara ternak terutama sapi dan babi. Disamping dimanfaatkan untuk membajak, juga sebagai sumber penghasilan tambahan dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup dan untuk dapat memenuhi ketersediaan pupuk kandang bagi sektor pertanian.
c)      Bidang Kerajinan, Industri Rumah Tangga dan Pertukangan/Jasa
1.      Dalam bidang kerajinan, masyarakat desa Culik sebagian kecil ada yang bergelut dibidang kerajiann batok dari kelapa, daun rontal yang dibuat menjadi Saab Bora.
2.      Dalam bidang industri, masyarakat desa Culik ada juga yang bergelut di bidang industri pembuatan minyak kelapa.
3.      Dalam bidang pertukangan, masyarakat desa Culik selain dalam bidang kerajinan dan industri, juga ada beberapa yang bergelut dalam bidang pertukangan yaitu sebagai tukang kayu maupun tukang batu.
d)     Bidang Sarana Transportasi
Desa Culik memiliki jalan aspal sepanjang 5 km yang merupakan jalan Negara dan jalan Kabupaten serta jalan Desa, namun masih ada sekitar 3 km yang belum diaspal sehingga masyarakat desa Culik belum sepenuhnya menikmati jalan beraspal. Adapun jalan yang belum diaspal adalah jalan lingkar barat desa Culik yang menghubungkan Banjar Dinas Amertasari dan banjar Dinas Buayang yang dimanfaatkan hampir 55 KK.
Dalam bidang sarana transportasi berupa angkutan umum di desa Culik cukup banyak tersedia namun belum dapat dijadikan sumber penghasilan utama bagi masyarakat sebab penghasilan dari sektor ini cukup kecil, hal ini disebabkan karena semakin tingginya jumlah sepeda motor yang dimiliki masyarakat.
e)      Bidang Lembaga Keuangan
Dengan semakin berkembangnya tingkat perekonomian di wilayah pesisir Amed sampai Bunutan dan didukung perkembangan pariwisata Jemeluk-Tulamben, maka semakin bermunculannya lembaga keuangan di desa Culik baik dimiliki pemerintah maupun swasta. Adapun lembaga keuangan tersebut antara lain pPegadaian dab Bank Sinar. Disamping itu pula ada lembaga keuangan yang dimiliki oleh desa Pakraman Culik  diantaranya Lembaga Perkrediatan Desa (LPD) dan Simpan Pinjam Bali Sejahtera sehingga masyarakat dapat memanfaatkan untuk memenuhi kepentingannya baik untuk pengembangan usaha maupun penambahan modal usaha sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga.
f)       Bidang Lembaga Perekonomian Desa
Seiring dengan berkembangnya pariwisata di Desa Bunutan dan Desa Tulamben, kebutuhan akan adanya Pasar Tradisional semakin meningkat. Di Desa Culik terdapat satu pasar desa milik Desa Pekraman Culik, namun kondisinya dan penataannya belum optimal.
g)      Bidang Politik
Pembangunan yang dilaksanakan harus menyentuh segala aspek kehidupan, tidak terlepas pula pembangunan bidang politik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peranan politik dan keamanan sangat penting dalam penentuan kebijakan pada sistem Pemeritahan untuk mewujudkan pembangunan.
h)      Bidang Kesehatan
Keadaan kesehatan masyarakat Desa Culik sudah menunjukkan peningkatan seiring dengan adanya Puskesmas dan Poskesdes dengan tenaga medis dan para medis yang memadai. Disamping itu pula pelaksanaan Posyandu di masing-masing Banjar Dinas yang didukung oleh kader Posyandu telah aktif melaksanakan tugasnya dalam hal melayani kesehatan terutama untuk Balita, Ibu Hamil dan Lansia sehingga dapat meningkatkan Gizi bagi masyarakat Desa Culik.
i)        Bidang Pendidikan
Di Desa Culik terdapat 1 sekolah Taman Kanak-Kanak dan 3 Sekolah Dasar Negeri diantaranya:
-          TK Tunas Kartini 1 Culik di Banjar Dinas Geria
-          SDN 1 Culik di Banjar Dinas Buayang
-          SDN 2 Culik di Banjar Dinas Seloni
-          SDN 3 Culik di Banjar Dinas Geria
j)        Bidang Sosial Budaya
Kebiasaan yang diwariskan oleh leluhur masih tetap dipatuhi oleh seluruh masyarakat Desa Culik seperti Gotong Royong dan Suka Duka. Mengenai masalah kebudayaan di Desa Culik, terdapat beberapa Seke Pesantan, Seke Gong, dan Seke baleganjur Wanita dan Seke Gender.
k)      Bidang Agama
Penduduk Desa Culik adalah seluruhnya beragama Hindu, untuk itu di Desa Culik terdapat banyak Pura diantaranya:
1.      Pura Kahyangan Tiga antara lain:
-          Pura Puseh                                    : 1 unit
-          Pura Bale Agung                           : 1 unit
2.      Pura Kahyangan Desa antara lain:
-          Pura Dalem Puri                            : 1 unit
-          Pura Melanting                              : 1 unit
3.      Pura Dadia                                         : 56 unit
l)        Bidang Lingkungan Hidup
Masyarakat Desa Culik turut aktif menjaga dan melestarikan alam melalui gerakan penanaman pohon baik di pakarangan rumah maupun di lahan pertaniannya. Disamping itu masalah kebersihan juga mendapat perhatian dari masyarakat karena kebersihan erat kaitannya dngan kesehatan.
m)    Bidang Pemuda dan Olah Raga
Generasi muda sebagai penerus kepemimpinan dan tulang punggung pembangunan nasional memegang peranan yang sangat penting dalam pembangunan desa. Menyadari hal tersebut maka Pemerintah Desa Culik memberikan prioritas pembinaan, seperti penyediaan sarana olah raga lapangan volley ball dan sarana latihan. Disamping itu pula dalam rangka pengembangan kreativitas remaja di bidang seni budaya, Pemerintah Desa Culik memberikan bantuan dana dalam pembuatan ogoh-ogoh pada hari raya kesanga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar